FORTUNE Indonesia Summit 2022, Bersama Kita Bangkit

Indonesia, negara kepulauan dengan beragam kemajemukan di berbagai bidang, kini tengah menggeliat. Salah satu indikasi yang saya lihat, geliat itu hadir melalui FORTUNE Indonesia Summit. Perhelatan ini diadakan oleh IDN Media selama dua hari, yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 di The Westin, Jakarta. FORTUNE Indonesia Summit melibatkan multi-stakeholder dan businessperson yang paling berpengaruh di Indonesia. 

Credit from instagram.com/fortune.idn

Untuk menghadiri event FORTUNE Indonesia Summit ini, caranya dengan terlebih dahulu berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui official store Fortune Indonesia di Tokopedia. Informasi yang lebih lengkap, bisa dilihat di akun Instagram resmi FORTUNE Indonesia, atau melalui email hello@fortuneidn.com.


Opening Ceremony FORTUNE Indonesia Summit

Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo, membuka gelaran FORTUNE Indonesia Summit. Winston Utomo mengatakan bahwa IDN Media dan FORTUNE Indonesia hadir untuk kemajuan Indonesia. Indonesia harus maju agar dihormati dunia. 

Credit from instagram.com/fortune.idn

Sebagai negara berpenduduk besar dengan kebhinekaannya, Indonesia mempunyai potensi yang memadai bagi berkembangnya ekonomi bisnis. Kehadiran FORTUNE Indonesia Summit turut menyokong insight ekosistem bisnis di indonesia. Indonesia maju bukan hanya mimpi jika seluruh elemen bangsa, mulai dari generasi tua, generasi produktif, hingga generasi muda bersatu padu untuk membangun ekonomi bisnis. Dimulai dari masing-masing stakeholder memberikan value. Bukan hanya value sesaat, tetapi value yang memberikan impact, bertumbuh dan berkelanjutan.

Tiga tema besar yang diangkat dalam FORTUNE Indonesia Summit meliputi impact, sustainability, dan growth. Ketiganya diharapkan benar-benar terwujud, sehingga perhelatan FORTUNE Indonesia Summit tidak hanya berhenti saat diakhiri. Semua ide yang muncul dalam diskusi selama FORTUNE Indonesia Summit hendaknya direalisasikan bersama. Semua orang harus bersatu bergerak memberikan insight dan kerja nyatanya. Masing-masing peran adalah hal penting jika dijalankan dengan kesungguhan. 

Credit from instagram.com/fortune.idn

Menurut Winston Utomo, bisnis bukan hanya terfokus pada profit (keuntungan), growth (pertumbuhan), revenue (pendapatan), dan user semata. Tetapi, bisnis harus memiliki impact dan berprinsip sustainability. 

Cash flow merupakan hal yang penting di dalam sebuah bisnis. Dengan memberikan perhatian pada cash flow bisnis, secara tidak langsung tengah mengupayakan keberlanjutan bisnis itu sendiri. Cash flow yang sehat akan berdampak jangka panjang pada bisnis tersebut.

Beragam topik diangkat dalam FORTUNE Indonesia Summit, di antaranya market, business, finance, tech, leadership, dan sustainability. Perhelatan ini juga melibatkan dua menteri Indonesia dalam opening ceremony-nya, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Pada pembukaan FORTUNE Indonesia Summit, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa ekonomi kreatif mempunyai peluang untuk tumbuh secara lebih baik dalam beberapa masa ke depan. Sektor ekonomi kreatif ini juga terbukti mampu bertahan selama pandemi COVID-19. Hal ini menunjukkan betapa tangguhnya sektor ini bertahan dalam fluktuasi bisnis yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, menegaskan tentang pentingnya multi-stakeholder platform di Indonesia saat ini. Perdagangan di Indonesia tengah mengalami dinamika yang cukup kompleks. Untuk itu, Fortune Indonesia diharapkan mampu menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi ekosistem bisnis di Indonesia. Platform tersebut diharapkan mampu mensinergikan seluruh potensi yang ada di Indonesia. 


Penghargaan dalam FORTUNE Indonesia Summit

Awarding session yang diselenggarakan dalam FORTUNE Indonesia Summit, diperuntukkan bagi sejumlah tokoh yang termasuk ke dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan juga bagi 40 Under 40.

Lebih dari 30 pembicara hadir dalam event FORTUNE Indonesia Summit. Semua mengeluarkan ide dan berdiskusi bersama untuk kemajuan bangsa. Terdapat dua kategori penghargaan dalam event ini, yaitu:

  1. Penghargaan Businessperson of the Year
  2. Penghargaan 40 Under 40

Credit from instagram.com/fortune.idn

Penghargaan Businessperson of the Year diberikan kepada sejumlah nama yang terbukti kampium di dunia bisnis. Adapun Businessperson of the Year yang terdaftar dalam event FORTUNE Indonesia Summit antara lain Garibaldi Thohir (Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk), Franky Oesman Widjaja (Chairman dan CEO Golden Agri Resources Ltd), Anthoni Salim (Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk), Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk), Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk), Andre Sukendra Atmadja (Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk), Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina (Persero)), Haryanto Adikoesoemo (Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk), Alvin W. Sariatmadja (Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk), M. Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk), Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk), Kuncoro Wibowo (Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group), Handojo Santosa (Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk), Budiarto Halim (Presiden Direktur PT  Erajaya Tbk), Silmy Karim (Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk), Frans Kesuma (Presiden Direktur PT United Tractors Tbk), Tjiu Thomas Effendy (Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk), Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk).

Pada Penghargaan 40 Under 40, terdapat 5 kategori yaitu business, entertainment, government & public policy, social, dan sports. 

Credit from instagram.com/fortune.idn

Untuk kategori businesspara tokoh yang memperoleh penghargaan ini yaitu Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak, Founder Init-6 dan Achmad Zaky Foundation), Anderson Sumarli (CEO dan Co-founder Ajaib), Anderson Tanoto (Managing Director RGE Pte Ltd), John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group), Erastus Radjimin (Founder and CEO ARTOTEL Group), Ernest Saudjana (Managing Director and Partner Boston Consulting Group), Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia), Farell Grandisuri Sutantio (President Director and Group CEO PT Cisarua Mountain Dairy), Ferry Unardi (CEO and Co-founder Traveloka), Gibran Huzaifah (Chief Executive Officer eFishery), Oscar Darmawan (CEO Indodax), John Marco Rasjid dan Christoper Madiam (CEO dan Co-founder Sociolla), Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land), Handhika Wiguna Jahja (Executive Director Shopee), Jonathan Tahir (Group CEO Mayapada Healthcare), Michael William P. Soeryadjaya (Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk), Kevin Aluwi (CEO Gojek), Maya Watono (Direktur Pemasaran Injourney), Melissa Siska Juminto (COO Tokopedia), Michael Soerijadji (Founder dan Managing Partner AC Ventures), Belinda Tanoko (Presiden Direktur Tanrise Property), Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman (CEO dan COO Ruangguru), Dyota Marsudi (CEO Bank Aladin Syariah), Edward Tirtanata dan James Pranando (Co-founder dan CEO Kopi Kenangan/Co-founder dan Chief Business Officer Kopi Kenangan), Roderick Purwana (Managing Partner of East Ventures), dan Sharlini Eriza Putri (Co-founder dan CEO Nusantics).

Untuk kategori entertainment, penghargaan diberikan kepada Angga Dwimas Sasongko (Sutradara, Produser, CEO Visinema), Arief Muhammad (Kreator Konten), Nicole Zefanya (Musisi), Rich Brian (Musisi), Raffi Ahmad (Artis dan Pengusaha), dan Reza Rahadian Matulessy (Aktor).

Untuk kategori government & public policypenghargaan didedikasikan untuk Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur), Gibran Rakabuming Raka (Wali kota Solo), Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), dan Putri Indahsari Tanjung (Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office).

Untuk kategori social, satu-satunya penerima penghargaan dalam kategori ini adalah M. Alfatih Timur (CEO dan Founder Kitabisa.com).

Untuk kategori sportspenghargaan diberikan untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (Atlet Bulu Tangkis Indonesia) dan Eko Yuli Irawan (Atlet Angkat Besi).


Penutup

Bonus demografi akan dialami Indonesia tepat pada saat usianya menginjak seratus tahun, yaitu pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia memiliki penduduk berusia produktif lebih banyak daripada penduduk usia tidak produktif. Tentu, hal ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas dan produktivitas penduduk Indonesia, terutama generasi mudanya. Hal ini selaras dengan ucapan Winston Utomo, "Indonesia akan lebih baik, bila kita khususnya generasi muda untuk bersama-sama berjuang dengan semangat tinggi. Bukan hanya kepentingan sendiri, tetapi juga dampak positif lingkungan negara Indonesia. Bila kita bekerja bersama-sama, mimpi kita untuk Indonesia yang lebih maju akan terlaksana,".

Credit from instagram.com/fortune.idn

Menyingkirkan ego, berarti turut mengutamakan kepentingan bangsa. Apabila value ini dimiliki oleh generasi muda Indonesia, pendidikan generasi muda yang berdampak pada kepentingan negara mudah dilakukan. Businessperson yang handal tidak lahir begitu saja, tetapi perlu dididik dan ditempa baik oleh pendidikan formal maupun oleh ekosistem bisnis yang membesarkannya. Untuk itu, fokus pada perbaikan sumber daya manusia merupakan keniscayaan yang harus dilaksanakan. Dengan FORTUNE Indonesia Summit, serentak membangun negeri, bersama kita bangkit.





Referensi:

https://fortuneidn.com/40-under-40

https://fortuneidn.com/businessperson-of-the-year

https://fortunesummit.fortuneidn.com/

https://www.instagram.com/fortune.idn


11 Comments

  1. FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN - KETEKUNAN - KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

    ReplyDelete
  2. Setuju, pebisnis handal perlu belajar sejak dini. Inilah pentingnya insight-insight bisnis seperti yang ada di Fortune Indonesia Summit bagi kita dan para anak muda yang kelak menjadi bonus demografi Indonesia..

    ReplyDelete
  3. Ajang seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

    ReplyDelete
  4. Acara keren untuk semua kalangan.....inspiratif sekali.

    ReplyDelete
  5. Kaum muda wajib banget mengikuti event keren dan inspiratif ini..sukses terus majalah Fortune Indonesia

    ReplyDelete
  6. acara ini harusnya setiap tahun selalu ada ya.. banyak banget ilmu dari orang-orang sukses buat dipelajari apalagi yang masuk 40 under 40.

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya acaranya dan sangat bermanfaat bagi generasi muda

    ReplyDelete
  8. Suka sekali dengan statement akhirnya bahwa Indonesia akan lebih baik bila kita sama-sama berjuang

    ReplyDelete
  9. Fortune Indonesia Summit ini akan jadi acara bergengsi tiap tahun. Kita jadi bisa belajar soal pengalaman para business owner dalam membangun bisnis mereka ya mba

    ReplyDelete