Naik Tangga itu Bermanfaat!


Kata orang, kalau terlalu sering ke rumah sakit itu harus hati-hati. Kenapa? Katanya sih karena di rumah sakit itu banyak penyakit. Ya iyalah, kalau banyak makanannya, namanya rumah makan. Lalu bagaimana kalau setiap hari kerja harus ke rumah sakit seperti saya? Saya memang bukan dokter, tapi setiap hari kerja harus ke rumah sakit melewati lobby yang mana di situ banyak pasien sedang mengantri. Secara tidak langsung, bersinggungan dengan mereka baik sekedar berpapasan atau sekedar kebetulan satu lift. Tapi saya woles aja, toh tidak semua penyakit itu menular. Palingan penyakit menular yang sering saya temui cuma batuk pilek. Wajarlah. Eh tapi kalau keseringan batuk pilek juga nggak baik loh, Bro! So, saya pun bertekat saya harus rutin olah raga. 
Emak-emak punya anak dua itu ternyata susah juga punya rutinitas olah raga. Kalau Pak Bojo mungkin sepekan sekali olah raga futsal. Si sulung biasanya ikutan juga. Lumayan, mereka berdua jadi punya aktivitas rutin berolah raga. Nah saya dan si kecil bagaimana? Mewah Mak kalau bisa punya waktu khusus buat olah raga.
Saya pun mikir olah raga apa ya yang pas buat emak-emak kantoran gini? Sambil mikir itulah saya sering melihat beberapa dokter naik turun tangga di rumah sakit. Langsung saya kepo, ngapain ya mereka susah-susah naik turun tangga, padahal kan ada lift segala. Awal dari kepo sehat itu, saya mulai mencari tau manfaat naik turun tangga. Banyak manfaatnya ternyata. Langsung deh saya rutin naik tangga. Lumayan sudah lebih dari setengah tahun tiap pagi di hari kerja saya naik tangga ke lantai empat. Kadang kalau bawa mobil sendiri, ditambah bonus jalan kaki dari parkiran yang lumayan jauh loh. 
Sebenarnya, dari hati terdalam pengen nambah nggak cuma naik tangga di pagi hari kerja aja yang menjadi rutinitas. Pengen nambah jadi naik turun tangga gitu. Yah tapi malesnya saya kok enggak ketulungan gini. Faktor usia yang kalau ngaku muda pasti bikin orang ketawa kali ya.
Kalau temen-temen mau sama-sama naik tangga di pagi hari, yuk ah kepoin dulu manfaatnya:
  • Meningkatkan stamina. Latihan fisik secara rutin ini membuat saya jadi nggak gampang capek lho. Meski tidak bekerja di satu tempat, masih ada saja energi untuk keluarga dan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
  • Katanya naik tangga bisa menguatkan otot tubuh. Kalau ini mah hubungannya sama postur tubuh dan juga menurunkan risiko osteoporosis.
  • Melawan kemalasan. Rasanya habis naik tangga, setibanya di lantai empat, kemalasan itu banyak sirnanya.
  • Membakar kalori. Saat naik tangga, sistem metabolisme tubuh juga meningkat. Artinya, semakin banyak juga kalori yang terbakar. Wajar yah kalau yang hobi naik tangga rata-rata nggak gemuk banget. Yang udah terlanjur gemuk baru naik tangga, itu lain cerita.
  • Menyehatkan jantung. Wajar saja kalau jantungnya jadi sehat, kan karena naik tangga bisa melancarkan aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.
  • Mood booster yang baik. Coba tanya deh sama dokter langganan tentang hormon endorphin. Hormon ini dikeluarkan ketika kita naik tangga atau melakukan olah raga lainnya. Kalau hormon ini dikeluarkan dari tubuh, maka perasaan tenang dan senang akan hadir.
Oke ya guys, sudah tahu manfaat naik tangga. So, besuk kita naik tangga bareng? Saya di rumah sakit, dan kamu tentunya di mana saja kamu berada. Salam sehat dari kota Tanjungpinang untuk Indonesia:)

10 Comments

  1. Tosss lah kitaaa :p. Di kantorku pun, aku lbh milih turun naik tangga dari 1-4 :p. Supaya sehat aja. Walopun sesekali kalo kebelet baru naik lift :p. Tp untungna itu lift dimatiin kalo udh jam 3.30. Jd mau ga mau, staff wajib pake tangga kalo udh selesai jam pelayanan ke nasabah :p. Krn memang liftnya sbnrnya utk nasabah saja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss:) Keadaan yg memaksa sehat itu menyenangkan ya;)

      Delete
  2. aku sekaarng sudah suak susah nafats kalau naik tangga, mungkin juga karena paru2ku kotor kali ya

    ReplyDelete
  3. Ternyata aku kebiasaan aku salah ya, sukanya naik lift apalagi tau gak kalo sering transit di stasiun yg gak ada lift nya aduh pegel banget Mak, bukanya dopamine yg muncul malah efek mengeluh, haha.. di rumah juga tingkat tapi males ke atas karena naik turun. Eh ternyata manfaatnya luar biasa ya, olahraga simple tapi efeknya bagus. Mau di biasakan juga deh mau turun tangga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk rubah pelan2 mb.. Sesekali tinggalkan lift:)

      Delete
  4. Saya pakai tangga bukan karena males menghindari lift tapi emang gedungnya ga pakai lift. Adanya tangga, ya udah itu satu-satunya jalan. Seandainya aja dari lantai 4 ada prosotan yang bisa langsung meluncur ke lantai 1 gitu, hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah sehat itu mas.. Kepept pakai tangga is kepepet sehat..

      Delete
  5. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  6. Terimakasih infonya, semoga sukses terus..

    ReplyDelete